Home » » Pengenalan Aneka Konsep

Pengenalan Aneka Konsep

Written By Dunia Kita on Tuesday 6 August 2013 | 21:42


productreview.com.au

Permainan memperkenalkan aneka konsep akan mengasah kemampuan berpikirnya. Konsep yang bisa diperkenalkan yaitu konsep ruang dan waktu, besar kecil, huruf dan angka, juga bentuk dan warna. Anak juga perlu mengenali dan membedakan macam-macam suara.

RUANG DAN WAKTU
Permainan ini bisa dimulai di usia 3-4 tahun. Pada usia ini anak mulai belajar tentang hal-hal yang konkret dan abstrak. Dengan demikian, daya abstraksi serta kemampuan kognitifnya terasah.
Cara bermain konsep ruang bisa melalui nyanyian, seperti “Tangan ke atas, tangan ke samping, tangan ke depan, duduk yang manis”. Cerita yang mengandung konsep “di bawah”, “atas”, “luar”, “dalam”, “belakang”, “depan”. Bisa pula dengan perintah “Taruh boneka di dalam kotak”.
Cara bermain konsep waktu bisa dengan media TV, misalnya acara kesukaan si kecil ditayangkan pada hari apa dan jam berapa. Ajak juga si kecil melihat kalender.

BENTUK DAN WARNA
Sediakan mainan aneka bentuk dan warna. Untuk bayi pilih warna dasar yaitu merah, biru, dan kuning. Kenalkan satu per satu, baru kemudian kombinasi 2 warna, 3 warna, dan seterusnya.
Kelak anak akan dengan cepat memadukan warna yang serasi antara benda yang satu dengan yang lain. Anak juga mampu mendisain bangunan dengan konsep warna yang apik, mampu memilih, dan menempatkan bentuk yang bervariasi.

BESAR DAN KECIL
Mulai usia setahun, anak bisa diperkenalkan pada konsep besar kecil. Ini merupakan dasar mengenalkan lambang bilangan. Manfaatnya untuk mengasah kemampuan bahasa anak, meningkatkan ketrampilan bernalar, dan mengembangkan kemampuan berhitung.
Untuk batita, alat bermain harus konkret (bisa diraba, dilihat, dan dicoba). Bisa berbentuk balok mainan.

ANEKA SUARA
Manfaatkan segala macam suara/bunyi-bunyian di sekitar. Misal dengan merekam atau mendatangi sumber suara telepon, ibu bernyanyi, burung berkicau. Setelah usia setahun, minta dia menebak suara tersebut. Permainan ini juga melatih anak bicara dan pendeteksian dini kondisi indra pendengaran.

HURUF DAN ANGKA
Bisa dimulai sejak usia sekitar 6 bulan, sebatas mengenalkan karena anak mulai mampu memberi perhatian penuh pada objek tertentu. Tujuannya untuk memasukkan informasi ke memori anak.
Sekitar usia 3 tahun, kita bisa mengenalkan perbedaan angka dan huruf. Sejalan dengan pengenalan anak akan konsep bentuk, pemahamannya pada angka dan huruf bisa makin dilengkapi dengan penjelasan detail misal angka 1 seperti tongkat.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Twitter

 
Copyright © 2013. Info Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger