Home » » Inseminasi

Inseminasi

Written By Dunia Kita on Tuesday 4 June 2013 | 20:43

image: health.okezone.com
Kehadiran buah hati tak selalu didapatkan dengan mudah oleh pasangan menikah. Banyak dari mereka harus menempuh beberapa tindakan medis. Salah satu cara yang banyak diminati pasangan adalah Inseminasi.
           Inseminasi adalah teknologi untuk mendapatkan kehamilan dengan cara menyemprotkan sperma yang sudah diseleksi ke dalam rahim calon ibu,” jelas dr. Budi Wiweko, SpOG(K). Proses pertemuan sperma dan sel telur tetap secara alami yaitu di dalam tubuh. Inseminasi dilakukan dengan cara menyemprotkan sperma yang telah diproses atau diseleksi ke dalam rahim menggunakan kateter lembut dengan tujuan membantu sperma menuju telur yang telah matang (ovulasi) sehingga terjadi pembuahan.
Inseminasi umumnya dibarengi dengan tindakan induksi ovulasi, yaitu dengan obat-obatan untuk mendukung fertilitas dari calon ibu. Inseminasi dijadwalkan mendekati waktu ovulasi. Waktu ovulasi bisa dideteksi dengan injeksi HCG (Human Chorionic Gonadothropine) untuk kematangan sel telur dan pemecahan folikel (kantung sel telur)
           Inseminasi prosesnya berlangsung singkat dan terasa seperti pemeriksaan papsmear. Kehamilan bisa dideteksi dalam jangka waktu dua minggu sejak Inseminasi. Bila calon ibu mengalami haid berarti gagal dan prosesnya bisa diulang beberapa kali sampai berhasil.
Kelebihan proses Inseminasi ini adalah selain sederhana, waktu yang relatif singkat, proses inseminasi ini juga terbilang jauh lebih murah dibandinglam dengan program bayi tabung. Biaya inseminasi mencapai Rp 3 juta sedangkan biaya bayi tabung mencapai Rp 60-70 juta.


Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Twitter

 
Copyright © 2013. Info Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger