Home » » Asah Kecerdasan Dengan Bermain Air Dan Pasir

Asah Kecerdasan Dengan Bermain Air Dan Pasir

Written By Dunia Kita on Saturday 28 December 2013 | 09:23




Pada usia batita, air menjadi sesuatu yang sangat menarik sebagai alat eksplorasi keingintahuannya. Si kecil juga bisa berfantasi seperti dalam buku cerita yang dibacakan atau film yang dia lihat sedang naik kapal selam, jadi putri duyung, atau berenang di lautan.
Pengenalan aneka konsep bisa melalui permainan air ini loh Bun! Konsep berat ringan melalui spons kering yang dicelup ke dalam air. Biarkan si kecil merasakan betapa ringan spons tersebut saat kering kemudian mintalah si kecil mencelupkan spons ke dalam air lalu biarkan dia mengangkatnya. Si kecil akan merasakan perbedaan spons tersebut saat kering dan basah serta bagaimana rupa spons basah tersebut.
Konsep lain yang bisa dikenalkan adalah kosong dan isi. Mintalah si kecil menuangkan air ke dalam wadah dengan gayung maupun selang kecil. Wadah yang berbeda akan membuat si kecil memahami bahwa bentuk air berubah mengikuti wadahnya.

MAIN PASIR
parentingwithresearch.com

Media pasir membantu si kecil memahami konsep besar kecil, basah kering. Pasir bisa dibentuk saat kondisi basah sesuai wadahnya. Jika sudah tercetak pasir dengan ukuran besar tentunya tidak muat bila si kecil memasukkan pasir tersebut ke dalam wadah yang lebih kecil.
Pasir yang digunakan bermain haruslah bersih. Awasi si kecil saat bermain namun batasi campur tangan agar kreativitas si kecil makin terasah.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Twitter

 
Copyright © 2013. Info Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger